my course : computer’s office

Silabus perkuliahan Komputer Perkantoran B

1. Pengenalan Internet dan Web yang membahas tentang pengertian IT, peranan IT di segala bidang, sejarah internet, layanan internet, world wide web (www), internet protocol, HTTP, URL, domain name system, web application serta web programming.Materi pertama tentang pengenalan Internet dan Web,  yang dibahas dalam perkuliah ini yaitu:

  • Apa itu internet
  • Sejarah mengenai internet
  • Apa itu ISP (Internet Service Provider)
  • Apa saja layanan yang terdapat di internet
  • Apa itu WWW (World Wide Web)
  • Apa itu TCP/IP (Internet Protocol)
  • Apa itu HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
  • Apa itu URL (Uniform Resource Locator)
  • Apa itu DNS (Domain Name System)
  • Bagaimana  Top Level Domain
  • Bagaimana dengan Second Level Domain
  • Bagaimana susunan atau bagan dari DNS
  • Apa itu Web Browser
  • Apa saja jenis Web Programing
  • Apa saja Web Application

Jenis web versi 1.0 , 2.0 , 3.0 :

Pada web 1.0 : hanya dapat mebaca saja

Pada web 2.0 : dapat berinteraksi seperti menggunakan facebook, twitter, youtube dan sebagainya.

Pada web 3.0 : teknologi pada web ini tidak hanya laptop atau komputer saja, tidak hanya berinterkasi dengan komputer saja, tapi dapat berinteraksi dengan mobil, hp, mesin cuci, dll. Kedepannya, dengan web versi ini kita dapat menyalakan mesin cuci dengan hp misalnya asalkan kedua alat ini terhubung dengan web ini.

Jenis web versi 1.0 , 2.0 , 3.0 :

Pada web 1.0 : hanya dapat mebaca saja

Pada web 2.0 : dapat berinteraksi seperti menggunakan facebook, twitter, youtube dan sebagainya.

Pada web 3.0 : teknologi pada web ini tidak hanya laptop atau komputer saja, tidak hanya berinterkasi dengan komputer saja, tapi dapat berinteraksi dengan mobil, hp, mesin cuci, dll. Kedepannya, dengan web versi ini kita dapat menyalakan mesin cuci dengan hp misalnya asalkan kedua alat ini terhubung dengan web ini.

2. Computer Security dan Cybercrime yang membahas tentang langkah-langkah mengamankan account/data dari serangan virus atau faktor penyebab kehilangan data lainnya. dan juga membahas faktor-faktor penyebab meningkatnya kejahatan komputer, solusi pencegahan terhadap pencurian data dan beberapa contoh tentang kejahatan di dunia maya (cybercrime). Menjelaskan bagaimana seharusnya menjaga keamanan social networking yang kita miliki, serta bagaimana  kata sandi “password” yang tidak mudah diketahui oleh orang lain.

Penjelasan tentang keamanan komputer dan kejahatan di dunia maya, apa saja  yang mengancam komputer kita, seperti virus-virus seperti :

  • Worm
  • Trojan

Virus ini bisa menyebar karena interaksi dengan komputer lain melalui internet atau flashidsk, disarankan untuk tidak sembarangan membuka hal-hal yang tidak diketahui di internet atau data di dalam flashsidk. Dan bisa juga dilakukan dengan menampilkan format pada setiap file kita. Dengan cara:

Buka pada Windows expoler lalu klik organize pada kiri atas pilih folder and search option lalu view lalu cari pada advanced setting, Hidden file folders dan pilih atau klik show hidden, file, folder, and drives.

Dengan cara seperti diatas maka format pada setiap file, folder dan drives akan terlihat. Jangan lupa untuk memilih detail pada more option.

 

Ada 12 cara untuk mengamankan komputer :

  • Gunakan kata sandi “password” yang kuat
  • Jangan sembarangan membuka lampiran “attachment”
  • Gunakan antivirus yang secara rutin dilakukan update
  • Gunakan firewall
  • Unsinstall program yang tidak dibutuhkan
  • Access kepada komputer kita dibatasi, seperti jangan sembarang meminjamkan komputer kepada orang lain
  • Lakukan back up data secara rutin, dapat dilakukan secara online atau media penyimpanan data lainnya
  • Updates software secara berkala
  • Pemilihan jaringan atau Network seperti jangan sembarangan memilih akses wifi yang gratis
  • Pada data dapat dilakukan folder lock
  • Risk (membuat daftar ganti password secara berkala, seperti satu bulan sekali)
  • Support

3. Advanced Microsoft Office, melakukan praktek dalam menyelesaikan pekerjaan microsoft dengan mudah dan cepat, memberikan materi praktek bagaimana memaksimalkan penggunaan Ms. Word khususnya untuk mempermudah penyusunan makalah, karya ilmiah, dan skripsi menjadi satu file.

Sebelumnya dalam pembuatan makalah bagi kami sebagai mahasiswa selalu memisahkan setiap bagiannya dari mulai bagian cover, kata pengantar, sampai isi. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan halaman yang benar, karena jika disatukan menjadi satu file maka halaman akan berantakan, lalu pembuatan daftar isi yang manual dengan menghitung setiap halaman, serta membuatnya satu persatu. Dan pasti sangat merepotkan, penulis sendiri merasakan sulitnya pembuatan halaman tersebut. Namun pada perkuliah yang dosen kami berikan kali ini lebih memudahkan  kami dalam penyusan makalah bahkan skripsi untuk menjadikannya dalam satu file.

Untuk pembuatan pemisahan setiap halaman dapat menggunakan fitur style, pembuatan section, seperti ingin memisakan bagaian cover dengan kata pengantar, dengan cara:

Klik pada kertas bagian dimana letak header dan footer, lihat dahulu apakah sudah ada section atau tidak, lalu pilih page layout, break, next page. Maka akan terbuat section baru, secara otomatis bagian sectio 1 yaitu cover sudah terpisah dengan kata pengantar yang berada pada section 2.

Untuk pembuatan nomor halaman :

Klik insert lalu page number dan pilih penempatan nomor halaman yang kita inginkan. Dan pasti pada cover terdapat nomor halaman juga, untuk membuat agar cover tidak bernomor halaman yaitu dengan cara mengklik pada halaman kedua misal pada halaman kata pengantar pastikan section sudah dibuat sebelumnya, lalu klik pada footer matikan link to previous untuk dapat menghapus halaman pada cover tapi halaman pada kata pengantar tidak terhapus. Begitu juga dengan bagian yang lainya, dipisahkan dahulu dengan section lalu apabila ada perbedaan penggunaan nomor halaman jangan lupa matikan link to previousnya.

Untuk menghapus section yang salah atau sudah terlalu banyak section yang terbuat:

Klik view lalu klik draft lalu delete bagian section yang ingin dihapus, lalu klik kembali print layout untuk mengembalikan halaman semula.

Untuk membuat nama-nama bagian setiap bab agar tersusun rapi dan sama:

Klik pada style pilih save selection as new quick style lalu tulis judul bab kita, misal : Bab judul, Bab subjudul, dll. Lalu pilih modify, sesuaikan format yang ingin digunakan seperti penggunaan nomor : 1.1 , 2.2 dll. Dan klik ok.

Membuat daftar isi agar tersusun rapi sesuai dengan setiap bab dengan cara :

Menggunakan level 1, 2, dan 3 pada fitur table of content yang berada di References, sebelumnya drag terlebih dahulu judul yang ingin dimasukan pada daftar isi lalu klik add text dan pilih pada lever berapakah judul tersebut, 1, 2 atau 3. Ini dilakukan pada semua judul yang perlu dimasukan pada daftar isi, misal: bab judul pada level 1, sub bab pada level 2, dan sub sub bab pada level 3.

Setelah pembuatan di atas, kita akan membuat daftar isi secara otomatis, pastikan semua cara di atas sudah dilakukan. Pembuatan daftar isi secara otomatis dengan cara :

Pada References klik table of content dan klik insert table of content lalu ok, sebelumnya pastikan halaman untuk daftar isi sudah disediakan dan lakukan ini pada halaman daftar isi tersebut. Dengan cara ini maka daftar isi sudah tersusun dengan rapi dan benar, dan apabila ada penambahan halaman dapat dilakukan dengan klik kanan pada table daftar isi tersebut lalu lakukan update.

4. Sosial Networking, tentang sejarah social networking, perkembangan social networking.

Untuk mengamankan social networking yang kita miliki seperti akun facebook, twitter, blog, dll. Dalam perkulihan ini dijelaskan kata sandi apa dan bagaimana yang sebaiknya dan dihindari, agar tidak mudah diketahui oleh orang lain dan disalahgunakan oleh orang lain, penggunaan kata sandi“password” sebaiknya kombinasi huruf dan angka, lalu tidak menggunakan nama sendiri, tanggal lahir, nomor hp dan hal lain yang mudah diketahui orang lain. Buatlah password yang merupakan kombinasi dari huruf dan angka, seperti layaknya tulisan alay yang terkenal seperti : r3mp0n9c4pcu5 (baca : rempongcapcus) , dengan kata sandi seperti ini tidak akan mudah diketahui orang lain.

5. Blog, membuat blog, menulis isi blog, menghias blog semenarik mungkin, memaksimalkan fungsi dan tampilan yang ada di blog, khususnya di wordpress

Tutorial Blog WordPress

My Respon to this lesson :

Disini saya mendapat banyak sekali ilmu yang terduga. Mengenai internet web, bagaimana cikal bakal internet, unsur apa saja yang ada di internet. Security terhadap computer kita dari cyber crime, bagaimana cara yang jitu agar kita tetap nyaman akan berselancar didunia maya. Ilmu dalam Ms.Word yang menakjubkan, sehingga ilmu yg di dapat membuat saya lebih mudah mengerjakan tugas kuliah, membuat efesiensi waktu pengerjaan lebih cepat. Dan pelajaran yang saya tunggu dari awal yakni pembuatan blog. Saya baru tau tentang cara membuat blog. Saya sangat suka sekali menulis, dan disini saya terbantu dalam mempublikasikan tulisan-tulisan yang saya buat..

Kritik dan saran,

Mungkin pelajaran mengenai komputer itu sudah global, tetapi dalam penjelasannya menggunakan video berbahasa inggris, sehingga membuat saya sedikit tidak mengerti. Untung saja Pak Salhazan selaku dosen membantu menerjemahkan, sehingga yang tadinya saya hanya mengerti setengah, saya dapat mengerti sepenuhnya. dan sangat disayangkan ketika pembelajaran mengenai blog harus dibagi kelas. kita memiliki aula, sehingga seharusnya kita bisa penuh belajar tetapi hanya menjadi 2xpertemuan. blog ini merupakan pelajaran yang sangat penting dan mengasyikan menurut saya.

3 thoughts on “my course : computer’s office”

  1. aula tidak bisa digunakan utk proses belajar mengajar, bukan kah itu tuntutan kalian sebagai mahasiswa yg menuntut agar aula hanya digunakan utk kegiatan2 termasuk kegiatan mahasiswa?

    selain itu utk materi blog membutuhkan komputer dan internet, sedangkan tidak semua mahasiswa memiliki laptop & modem internet sendiri, jadi oleh krn itu perkuliahan saya adakan di puskom dan harus dibagi 2 kelas krn keterbatasan ruangan & jumlah komputer..

    seems that your English is pretty good, i think there’s no problem for you to understand my course in English, aren’t you?

  2. by the way.. nice blog,, keep blogging..🙂

  3. iya sih pak, tp klo dalam keadaan kritis, apa boleh buat

    untuk saya sih, belajar pake bahasa inggris no problem, tp temen2 saya masih banyak yg belum fasih, kata nya repot sekali
    menurut saya itu gk masalah, karena saling membantu, kan nanti kita bisa jd universitas yg go international,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: