Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Seperti yang sudah kita ketahui, sesuatu yang ditampilkan dengan citra yang positif, memiliki dampak yang sangat luar biasa pada pandangan yang dimiliki orang lain akan sesuatu hal tersebut. Oleh karena itu, melalui analisis semiotika penelitian ini akan melihat bagaimana film ini menampilkan citra diri pada sosok Jokowi. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis bermaksud mengadakan penelitian dengan judul “Representasi Citra Diri Jokowi Dalam Film Jokowi”

SKRIPSI (-PEMBAHASAN, WAWANCARA)

Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan suatu proses mengenali asumsi-asumsi berdasarkan observasi maupun studi pendahuluan pada fokus penelitian berdasarkan latar belakang. Rumusan masalah yang akan diteliti adalah “Bagaimanakah Representasi Citra Diri Jokowi Dalam Film Jokowi?”

Identifikasi Masalah

  1. Apa sajakah citra diri yang terdapat di dalam film Jokowi?
  2. Bagaimanakah makna denotasi, konotasi dan mitos yang merepresentasikan citra diri Jokowi di dalam film Jokowi?
  3. Bagaimanakah sudut pandang masyarakat mengenai citra diri Jokowi yang terdapat di dalam film Jokowi?

 

Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah:

  1. Untuk mengetahui citra diri yang terdapat di dalam film Jokowi.
  2. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan makna denotasi, konotasi dan mitos yang merepresentasikan citra diri Jokowi di dalam film Jokowi.
  3. Untuk mengetahui sudut pandang masyarakat umum mengenai citra diri Jokowi yang terdapat di dalam film Jokowi.

 

Dalam penelitian ini, digunakan unit analisis semiotika Roland Barthes, pada film Jokowi telah ditemukan beberapa bentuk representasi citra diri Jokowi dari segi politik yang terdapat dalam film tersebut. Adapun representasi citra diri Jokowi yang disampaikan dalam film adalah kejujuran, toleransi, sederhana, menepati janji, cerdik, dan pantang menyerah.