Tag

, , , , , , , , , , ,

Udah lama kagak nulis dan akhirnya ada bahan inspirasi buat di post di blog gue ini.  Pengalaman ini menurut gue paling bikin bahagia hingga tulisan ini ditulis. Yaps, akhirnya gue dapet juga beasiswa buat lanjutin kuliah gue tanpa bayar sepeser pun. Awalnya sih tau informasi ini dari salah satu surat kabar yang iklanin tentang penerimaan beasiswa, sebut saja Koran “S”. dan waktu itu gue lagi kena musibah, gue abis ngejalanin operasi usus buntu. Yaa, satu musibah yang Allah kasih pasti ada hikmah dibalik musibah itu. Mungkin kalo gue gak sakit, gue gak bakal tau ada informasi beasiswa itu. Setelah gue tau ada beasiswa, gue pengen daftar donk. Ya apa daya, badan masih lemes. Ohya, gue lulus S1 di Pekanbaru. Tau donk universitas favorit disana, yaaps, gue lulus dari Universitas Riau, jurusan ilmu komunikasi. Karena gue udah wisuda, lantas gue pindah donk yaa ke tanah kelahiran gue di Jakarta. Cerita nya panjang deh kenapa gue bisa nyasar ampe di riau hahahaha. Nah karena gue baru di wisuda di bulan februari, dan pendaftaran tahun 2015 gelombang 2 ini dibuka di bulan april, ya ijazah gue belum keluar donk yaa, nunggu nya itu bikin kembang kempis, yang bikin agak kesel gitu, ijazah udah keluar tapi kagak bisa diambil dengan perwakilan, padahal itu yang ambil abang kandung gue sendiri loh, udah pake surat materai juga, tapi ya gitu, kampus mah kadang mempersulit. Akhirnya, gue minta tolong, nelpon ke sekjur buat dibantu pengurusan biar ijazah gue bisa diambil dengan diwakilin. Yaa dengan kerja keras dan pertolongan dosen2, akhirnya ijazah gue bisa diambil. Setelah urus berkas2 yang Alhamdulillah banyaknya (berkas pengalaman dan prestasi gue tebelnya sama kayak skripsi gue), dan nunggu donk yaa kapan jadwal test nya. Akhirnya keluar juga tuh jadwal test. Test pertama itu tes TOEFL, dan yang kedua tes TPA. Semua tes di handle langsung dari UI. So, buat reader yang berminat pengen ikut beasiswa selanjutnya, gue saranin deh beli buku atau baca2 contoh soal yang dikeluari UI buat TOEFL dan TPA ini karena soalnya waaooow,, syusaaaah nya luar biasa.

Gue cerita dulu nih tentang pengalaman tes TOEFL. Tes TOEFL dibagi dalam 2 hari (2 sesi per hari) karena yang lulus berkas gelombang kedua ini lebih dari 200 orang. Gue dapet di sesi pertama di hari pertama (5 Mei 2015). Menurut gue yang kualitas bahasa inggris nya bisa dianggap biasa, tes yang disajikan lumayan susah, tapi berkat gue baca2 buku sana sini tentang contoh soal toefl, dan keberuntungan berpihak ke gue, beberapa soal yang keluar dalam tes, pernah gue baca dibuku. Yang bikin susah itu, sesi listening long conversation. Percakapannya panjang dan itu buat beberapa soal. Buat gue yang rada pelupa ditambah yang kurang ngerti artinya, jadi gue asal isi aja deh, untung gak ada pengurangan poin. Dua setengah jam kita semua menjalani TOEFL, dan tes ini diadakan di balai bahasa asing di UI, Salemba, itu tuh yang deket Fakultas kedokteran nya.

PAPER ABOUT DEFENSE DIPLOMACY

Tentang tes TPA, diadain dalam 1 hari yakni tanggal 7 Mei 2015, di kampus UNHAN sendiri yakni di Sentul, Bogor, di kawasan IPSC (Indonesian Peace and Security Center). Sebanyak lebih dari 200 orang dikumpulin di auditorium.  Tes TPA ini dibagi dalam 3 bentuk. Logika bahasa, logika numeric, dan logika cerita. Masing2 bagian hanya dikasih waktu 40 menit. Logika bahasa ada 40 soal, logika numeric ada 40 soal, dan logika cerita ada 40 soal. Kita mesti selesein soal sesuai waktu yang ditentuin, jadi kalo pas kita ngerjain bagian pertama tapi ada sisa waktu, kita gak boleh ke bagian kedua, karena nanti akan di diskualifikasi, dan begitu juga, ketika sudah bagian kedua dimulai, kita gak bisa kembali ke bagian pertama. Buat bocoran nih, isi yang kamu bisa aja deh. Karena di tes ini ada pengurangan poin kalo kamu salah. FYI, gue cuma bisa isi 2 soal di bagian logika numeric. Bagian itu gak pake angka, tapi istilah yang bikin sakit pala berbi hahahaha.. nyeraaaah gue.. gue ngisi yang gue bisa aja, berdoa semoga apa yang diisi bener. Bagi gue, soal logika bahasa dan logika cerita itu asik, yaa walau agak pusing karena kita mesti punya mind maping dulu,, Nah, abis berpusing ria abis test, gue selfi2 donk ya di depan kampusnya, berharap gue lulus ke tahap selanjutnya, yakni tahap wawancara. Ohya gue lupa, selama perjalan menuju Sentul dari kampus Salemba, (mereka menyediakan transport antar jemput loh ke tempat tes) kita semua dikawal ketat pake mobil dan motor yang ada lampu dan bunyi nguing nguing itu loh, kayak presiden lewat, semua nya pada nyingkir pas kita lewat.. berasa jadi pejabat saat itu hahaha ini alay banget gue yeh.. dan asyiknya, selesai tes berakhir, semua peserta tes dapet makan siang gratis. Dan lo tau apa yang disajikan? Ayam penyet bro… maknyooos.. kampus mana lagi coba, yang tes nya gretong, dianter jemput, dan dapet makanan enak lagi pas tes. Trus kuliahnya semuanya gratis tis tiiiiss…

KAMPUS UNHAN, SENTUL, BOGOR

Tes wawancara ini baru diadain beberapa minggu kemudian, tepatnya tanggal 26-27 Mei 2015, ini sehari setelah ultah bokap. Gak semua peserta yang tes TOEFL dan TPA lulus ke tes wawancara. Jurusan gue, yakni diplomasi pertahanan, peserta awal kira2 ada 60 peserta. Dan yang lulus ke tahap wawancara Cuma 24 orang, mantep bener kan yaah.. Jadi kabar gembira ini gue anggap sebagai kado buat bokap, nyenengin hati bokap yang udah susah payah nganterin daftar anak tercantiknya ini buat lanjut sekolah lagi. Dan gue dapet jadwal hari pertama lagi dan sesi pertama, so gue berangkat dari rumah subuh buta biar sampe ke Salemba nya sebelum jam 6, karena bus anter jemputnya berangkat jam 6.30. masih keadaan ngantuk, gue ngapal2 paper yang gue buat. Dan tes pun dimulai pas jam 8 pagi. Gue yang seharusnya diurutan ke dua mesti jadi urutan yang pertama, karena peserta pertama (mungkin) telat, jadi langsung di diskualifikasi. Masuk ke ruangan, di dalem udah ada 3 penguji. Perasaan gue dag dig dug banget, dingin, gemeter, ditambah ac nya sedingin kulkas. Gue salam ketiga penguji itu, selah dipersilahkan duduk, gue baru duduk. Gue kira mereka garang, tapi ternyata mereka enjoy banget, santai. Tes wawancara nya gak berasa kayak lagi diwawancara, karena kita berempat kayak lagi ngobrol. Mereka lebih banyak bertanya tentang keluarga gue, kenapa bisa sampe ke riau, apa cita2 gue, sampe kita ngobrolin artis yang jadi politisi. Ya ampuuun, gue gak nyangka pengujinya baik dan ceria banget hahaha,, tapi bagian yang agak sulit ada donk ya, ketika gue disuruh jelasin paper gue yang dalam bahasa inggris. Nah gue disuruh jelasin tanpa liat teks, yaaa gue nyerah deh, gue jelasin dengan bahasa inggris gue yang agak kacau balau, jadi sambil jelasin gue sambil ketawa,, tapi intinya gue udah berusaha, diakhir penjelasan, gue langsung minta maaf sama tim penguji kalau bahasa inggris gue agak kacau. Dan mereka mengerti tapi mereka berharap gue bisa memperbaiki bahasa inggris gue lagi kalo andaikan gue nanti lulus. Dan gue langsung mengiyakan. Mereka bilang kalau nilai tes TPA gue sangat bagus dengan poin diatas 500 tapi nilai tes TOEFL gue dipertengahan, gak sampe 500 poin hahaha

Akhirnya pengumuman dirilis. Tanggal 26 Juni 2015. Dan you know what, gue LULUS seleksi beasiswa ini. Yeaaaay.. Alhamdulillah, finally,,, semua usaha dan doa berakhir dengan indah. Inilah jawaban dari Allah atas doa yang kita pinta.. berdoalah, trust me, it work guys, prayer give you some chance. If you really think that you have been do the best, but the final result from God. Awalnya gue galau karena udah wisuda tapi belum dapet kerja, udah ngelamar sana sini tapi belum keterima, ada kesempatan beasiswa, dan gue mencobanya. Gue berdoa, kalau beasiswa ini baik buat gue, maka lancarkan segala urusan dan permudahkan tes yang gue jalanin. Gue berdoa, dan I believe Allah give the best what we need, not what we want.. gue ngucap Alhamdulillah sebanyak mungkin dan sujud syukur.

BEASISWA UNHAN

And there’s my story. If you want to ask me anything, contact me on twitter : @ipeh_nk

Line : afifahnoor

Fb : bisa di liat di link blog gue

As soon as possible kalo kamu mau nanya sm gue, gue bakal respon pertanyaan apapun yg enggak kamu ngerti tentang UNHAN

Selamat mencoba tes beasiswa ini. Trust me, this scholarship enak nya pake banget.