Good food to Eat while Menstruating

     Banyak cewek yang stres dan panik ketika haid mulai pedekate setiap bulan. Nggak sedikit juga cewek yang menderita begitu haid benar-benar datang. Berbagai gangguan muncul.

     Mulai dari emosi tingkat tinggi (mendadak labil, gampang marah), kepala pusing, pinggang pegal, perut kram, mudah lelah sampai pingsan. Horor banget deeey .

     Selain mengonsumsi minuman berenergi yang menyehatkan seperti Kiranti, ada beberapa jenis makanan yang punya khasiat ampuh meredakan, bahkan menghilangkan gejala-gejala yang Teen sebut di atas. Dan apabila kamu sedang menjalani diet saat haid dan mengonsumsi makanan-makanan ini, dijamin tubuh kamu akan tetap sehat. Cek langsung yuk.

 

 

 

Kacang polong

Sayuran hijau

Asam lemak omega-3

 

 

 

Nenas

Teh

Air mineral

 

 

 

Sereal

Yogurt

Buah-buahan

     Buncis & Kacang Polong

     Menurut Dr. Susan Lark, Direktur PMS-Self Help Center di Los Altos California, buncis dan kacang polong mengandung kadar serat tinggi dan kandungan air yang berguna mengurangi gejala kram, sulit buang air besar dan diare. Kacang polong adalah sumber vitamin B yang dapat mencegah kram dan kelelahan saat haid. Dan meski mengonsumsi buncis dapat menyebabkan kelebihan gas dalam tubuh, hal itu bisa diminimalisasi dengan menyantap sejumput buncis yang jumlahnya ditambah pelan-pelan setiap beberapa jam sekali.

      Sayuran Hijau

      Sayuran hijau sangat kaya kalsium, magnesium dan potasium. Kandungan mineral yang ada di dalam sayuran hijau dan mencegah dan menyembuhkan kejang yang mengarah pada kram. Kalsium, magnesium dan potasium juga bisa menimbulkan efek menenangkan dan menurunkan amarah. Sayuran hijau tua juga bisa kamu makan karena mengandung vitamin K yang berfungsi membekukan darah dan mencegah pendarahan berlebih.

      Asam Lemak Omega-3

     Prostaglandin (anggota kelompok lipid senyawa yang berasal dari asam lemak) berpengaruh terhadap kontraksi dan rasa sakit saat haid datang. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan asupan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan salmon, kacang kenari dan biji bunga flax (Linium Usistatissinum).

      Nanas

    Nanas mengandung bromelain yaitu enzim yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan pada tubuh. Enzim ini berfungsi juga untuk menenangkan otot dan mencegah kram.

     Teh

     Kafein adalah zat yang harus dihindari ketika kamu sedang haid. Tapi beberapa jenis teh seperti teh jahe punya khasiat mengurangi mual dan kembung. Teh chamomile juga berkhasiat menurunkan tekanan darah dan mengurangi otot-otot yang kejang.

     Air

     Air sangat penting buat tubuh. Dan air lebih penting lagi untuk banyak-banyak dikonsumsi saat haid. Kurangnya cairan tubuh mengakibatkan rasa nggak nyaman yang menimbulkan sakit dan nyeri tubuh. Jadi minumlah lebih banyak ketika kamu haid.

     Sereal

     Whole grains atau biji sereal utuh juga baik dikonsumsi. Kamu bisa memakannya sedikit demi sedikit setiap 3 jam sekali dan 1 jam sebelum tidur (untuk meredakan pre-menstruation syndrome). Sereal mengandung vitamin B-kompleks dan vitamin E untuk melawan rasa lelah dan depresi.

     Yoghurt

     Yoghurt mengandung bakteri yang baik untuk kesehatan. Minumlah yoghurt 1.300 miligram per hari saat kamu datang bulan. Yoghurt akan menenangkan tubuhmu dan kandungan kalsiumnya dapat mencegah kram.

Bad Food to Eat while Menstruating

     Girls, hati-hatilah mengonsumsi makanan dan minuman saat PMS dan haid datang. Salah-salah, kamu bisa mengalami bad haid days. Tubuh sakit, lesu, lelah dan semua aktivitas kamu terganggu. What a nightmare! Okey, makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya kamu hindari saat haid datang? Simak baik-baik ya.

     Cokelat

    Yep, cokelat si sobat terbaik cewek menjadi musuh besar ketika teman bulanan berkunjung. Kafein yang terkandung di dalam cokelat membuat darah terpompa lebih keras dan berakibat menimbulkan dehidrasi. Kamu bisa sakit kepala dan menjadi gugup kalau memaksakan diri makan cokelat. Makanan-minuman lain yang mengandung kafein adalah soda, beberapa jenis teh dan kopi.

    Produk Susu

    Susu mengandung asam yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin (lihat artikel sebelumnya). Kamu bisa mengalami kejang perut kalau mengonsumsi susu.

    Makanan Kemasan

    Makanan kemasan berbahaya karena biasanya banyak mengandung sodium. Kadar air dalam tubuh kamu akan berkurang dan perut kamu akan kembung. Jauhi juga makanan yang kadar MSG-nya tinggi.

     Makanan yang Digoreng

    Absen dulu deh makan-makanan yang digoreng, apalagi yang digoreng dengan memakai banyak minyak (deep fried) saat kamu haid. Contohnya kentang goreng, pisang goreng dan sebangsanya. Mengonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak akan meningkatkan hormon estrogen yang menyebabkan kram dan nyeri perut.

    Permen

   Satu lagi cemilan enak yang nggak boleh dimakan saat haid adalah permen dan segala makanan yang mengandung banyak gula. Gula berpotensi bikin mood kamu jelek. Kamu bakal mudah lesu dan gampang tersinggung.

http://www.teen.co.id/teen-magazine/teenklopedia.html