Suka ngopi? Baiklah, teruskan hobi kamu itu. Selain berfaedah untuk menyuntikkan energi di pagi hari (baru bangun tidur) dan petang hari (waktu loyo dan ngantuk), kopi punya manfaat kesehatan yang nggak bisa disepelekan.

Namun untuk bisa memetik faedah-faedah itu, kamu hanya boleh mengonsumsi kopi dalam porsi sedang. Jika dikonsumsi berlebihan kopi justru akan memicu gangguan jantung, termasuk tekanan darah naik dan detak jantung tidak teratur. Selain itu kafein di dalam kopi bisa bikin kecanduan. Para pakar sepakat bahwa secara umum faedah kopi melebihi bahayanya, sepanjang diminum secukupnya. Jangan tambah kalori dengan memasukkan gula serta krim ya. Mari kita baca lebih lanjut.

1. Kopi Membuat Kamu Mengoreksi Tulisan dengan Lebih Baik.

Kafein dalam kopi bisa membantu kamu menemukan kesalahan tata bahasa, demikianlah kesimpulan penelitian terbaru yang dimuat di Journal of Experimental Psychology. Para periset menemukan bahwa kafein membantu para siswa mengoreksi kesalahan dalam tata bahasa. Sayangnya, kafein tidak banyak membantu siswa dalam menemukan salah ketik.

2. Kopi Bisa Menurunkan Risiko Depresi pada Wanita.

Wanita yang rutin minum beberapa cangkir kopi berkafein menanggung lebih sedikit risiko terkena depresi dibandingkan wanita yang tidak suka ngopi, begitulah kesimpulan penelitian yang dilakukan di Harvard University.

Penelitian ini diterbitan di Archives of Internal Medicine. Diungkapkan bahwa wanita yang ngopi 2 sampai 3 cangkir setiap hari hanya menanggung risiko depresi 15% lebih rendah, sementara yang ngopi 4 atau lebih cangkir kopi setiap hari dapat bonus 5% lagi, yaitu hanya 20% menadapat risiko depresi. Tim riset yang dikepalai oleh Dr. Albert Ascherio menyatakan bahwa, “Kafein dikenal memengaruhi kerja otak karena mengatur pelepasan pemancar mood.”

3. Kopi Bisa Menyelamatkan Otak.

Ya, sebuah penelitian yang hasilnya diterbitkan di Journal of Alzheimer’s Disease menyebutkan bahwa ada sesuatu di dalam kopi yang berinteraksi dengan kafein untuk memperbanyak kadar koloni granulocyte yang merangsang faktor GCSF. Nah, faktor GCSF ini adalah faktor pertumbuhan yang diduga kuat sanggup melawan alzheimer (penyakit kerusakan otak yang menyebabkan kepikunan, perubahan mood dan gangguan komunikasi serta penalaran) pada tikus percobaan. Sayang, sesuatu dalam kafein itu belum bisa ditunjuk dengan pasti.

4. Kopi Bisa Menurunkan Risiko Kanker Prostat pada Pria.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa pria yang minum 6 cangkir kopi setiap hari menurunkan risiko pembentukan kanker prostat hingga 60%. Mereka juga menurunkan risiko peluang pembentukan penyakit jenis kanker prostat lainnya. Hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of the National Cancer Institute ini juga memaparkan bahwa hanya dengan minum kopi 1-3 cangkir per hari pun pria sudah bisa menurunkan risiko terkena kanker prostat sampai 30%. Hebat banget tuh.

5. Kopi Bisa Menangkal Penyakit Kanker Paling Umum.

Riset baru yang hasilnya dipresentasikan di acara konferensi American Association for Cancer Research menunjukkan bahwa kopi bisa membantu menangkal karsinoma sel dasar, yaitu penyakit kanker paling umum di dunia. Peneliti di Brigham and Women’s Hospital serta Harvard Medical School menemukan bahwa wanita yang minum 3 atau lebih cangkir kopi berkafein setiap harinya menurunkan risiko terkena kanker kulit hingga 20%. Sementara untuk pria risiko itu turun 9%. Kopi tanpa kafein tidak memberikan efek perlindungan yang sama.

6. Kopi Bisa Melindungi Kita dari Diabetes Tipe 2.

Minum kopi berkaitan dengan menurunnya risiko terkena diabetes tipe 2. Semakin banyak minum kopi, semakin rendah risikonya. Demikian menurut hasil sebuah penelitian tahun 2009 yang diterbitkan di Archives of International Medicine. Para peneliti menelaah data dari lebih 450 ribu orang dari 18 penelitian. Mereka mendapati bahwa untuk setiap cangkir tambahan yang diminum setiap hari, risiko terkena diabetes tipe 2 dari si peminum kopi pun menurun 7%. Namun demikian, para periset memperingatkan bahwa kesimpulan ini masih harus diselami lebih lanjut.

7. Kopi Bisa Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Parkinson.

Satu lagi nih manfaat minum kopi. Hanya dengan rutin beberapa cangkir kopi setiap hari, kita bisa menurunkan risiko pertumbuhan penyakit Parkinson sebanyak 25%. Parkinson adalah penyakit yang menyerang sistem saraf sentral. Hasil studi penelitian ini dimuat di Journal of Alzheimer’s Disease. Peneliti meninjau 26 riset yang melibatkan 125 orang Inggris. Hasilnya, minum 2 sampai 3 cangkir kopi per hari paling optimal untuk memerangi Parkinson.